Metode mengajar Multiple Intelligences

Judul: Metode mengajar Multiple Intelligences
Penulis: Julia Jasmine, M.A.
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 276 Halaman
Harga: Rp 43.000,-

Teori tentang Kecerdasan Majemuk (KM) adalah salah satu perkembangan paling dan paling menjanjikan dalam pendidikan dewasa ini. Teori KM didasarkan atas karya Howard Gardner, pakar psikologi perkembangan, yang berupaya menciptakan teori baru tentang pengetahuan sebagai bagian dari karyanya di Universitas Harvard. Karya orisinal Dr. Garder berkenaan dengan teori tersebut, yaitu Frames of Mind (1983), mendefinisikan tujuh kecerdasan dasar yang dirasakannya sama fundamentalnya dengan kecerdasan-kecerdasan yang secara tradisional lazim diujikan dalam tes-tes IQ standar. Semula karyanya itu ditujukan kepada ahli psikologi, namun,mengejutkannya, ternyata diminati juga oleh para pendidik dan orang-orang lain yang peduli dengan mutu pendidikan sekolah.

Sesungguhnya banyak diantara pendidik yang melompat naik kedalam gerbong Gardner, dan teorinya diimplementasikan dalam beragam cara dari Hawaii sampai England dan banyak tempat diantara keduanya. Kurikulum sekolah ditulis ulang, dan para guru diindoktrinasi serta dilatih.

Buku ini mencoba memberikan suatu tinjauan singkat atas teori tersebut—seperti apakah ujudnya dan mengapa berbeda dari definisi lain tentang apa yang disebut sebagai ”gaya belajar”—dan pada tahap implementasinya yang manakah diantara gaya-gaya belajar itu yang betul-betul berharga dan yang hanya sekadar tren belaka.[]

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: