Menulis Puisi dengan Cara Berbeda

menulis puisiApresiasi dan Proses Kreatif Menulis Puisi
Penulis: Soni Farid Maulana
Pengantar: Maman S Mahayana
Penerbit: Nuansa Cendekia, Juni 2012
Tebal: 198 Hlm/Harga: Rp 38.000,-

Dalam buku ini terdapat 14 esai yang isinya fokus pada apresiasi karya puisi para penyair ternama. Di antara karya penyair tersebut adalah. Amir Hamzah, Chairil Anwar, Ws Rendra, Remy Sylado, Wing Kardjo, Saini KM, Arifin C Noor, Acep Zamzam Noor, Oka Rusmini, Sinta Ridwan, Dorothea Rosa Herliany dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang penyair dan wartawan, Soni Farid Maulana memiliki pandangan yang luas disertai kemampuan menulis esai yang berpijak kaidah jurnalistik. Setiap esai mengupas karya para penyair secara simple namun akurat. Simpel artinya berdasarkan pemilihan objek-objek karya yang layak diapresiasi dengan mengedepankan akurasi penilaian. Itulah mengapa buku ini sangat cocok untuk kelompok pembaca seperti sastrawan pemula, pelajar, mahasiswa, serta guru-guru bahasa dan sastra Indonesia.

Melalui buku ini, pembaca, selain diajarkan untuk menilai karya puisi, juga memiliki nilai manfaat praktis sebagai panduan berkarya. Soni memberikan panduan yang tepat untuk pembaca untuk sebuah proses kreatif menulis puisi. Sebuah buku yang memperkaya khasanah kesusastraan nasional dan karena ini sangat baik dijadikan modul pembelajaran ruang sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: