Pengarang Tidak Mati

Judul Buku: Pengarang Tidak Mati: Kiprah dan Peranan Pengarang Indonesia
Penulis: Maman S Mahayana
Editor: Mathori A Elwa
Penerbit: Nuansa Cendekia
Harga: Rp 58.000,-

Tradisi kepengarangan Indonesia mempunyai karakteristik tersendiri. Di sana bersemayam problem lokalitas dan keberagaman kultur etnik. Maka, kesusastraan Indonesia dapat digunakan sebagai pintu masuk memahami keberbagaian kebudayaan Indonesia.

Dari sini Maman Mahayana menjabarkan rumus bahwa, selama teks itu dibaca masyarakat, selama itu pula ruh pengarang hadir dan sesungguhnya, dihidupkan kembali oleh pembaca. Puisi-puisi Amir Hamzah, Chairil Anwar atau karya penyair mana pun, selalu akan mendorong munculnya tafsir baru, dan dengan begitu menghadirkan makna baru. Jadi, penafsiran dan pemaknaan itu bagai spiral yang terus berpilin memproduksi dan mereproduksi peristiwa baru, kisah baru, dunia baru. Jika begitu, bagaimana mungkin kita menafikan pengarang?
Buku ini dikemassajikan dengan semangat memberi apresiasi yang sepatutnya kepada pengarang atas olah kreativitas. Maka, bagian gerbang depan buku ini coba menawarkan pandangan tentang posisi pengarang dalam hubungannya dengan teks yang dihasilkannya dan pembaca yang memproduksi dan mereproduksi makna teks. Bagian ini sengaja pula melampirkan esai Michel Faucoult, “What is an Author?” dan Roland Barthes, “The Death of the Author” sekadar untuk mencermati secara langsung, apa dan bagaimana sesungguhnya pandangan kedua ilmuwan itu tentang pengarang-penulis.
Paradigma baru sistem pengarang sastra Indonesia. Menghadirkan kembali ruh pengarang, melangkahi pandangan Roland Barthes: The Death of the Author.

BUKU PENTING ILMU SASTRA: Untuk pegangan, bahan diskusi, dan referensi para guru, mahasiswa, dosen, peneliti, pengarang, dan masyarakat peminat sastra.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: