71 Doa Harian

71 doa harianJudul: 71 Doa Harian (Disertai Doa-doa Ibadah Lengkap)
Penulis: K.H. M. Yusuf Chudlori
Penerbit: Marja
Tebal: 322 Halaman
Harga: Rp 39.000,-

Ungkapan ilmuan dan dokter bedah asal prancis tersebut sangat baik direnungkan umat Islam untuk meraih kesejatian dalam berdoa. Kesalahan banyak dorang selama ini karena menganggap doa sebagai tempat pelarian. Manakala hati dan pikiran kita sedang gundah-gulana, tak jelas arah hendak kita tuju sehingga memunculkan kecemasan dan ketakutan. Dari situlah kebanyakan orang lantas gemar berdoa, berkeluhkesah mengadukan preblomatika hidupnya kepada Sang Khalik. Atau, yang lebih parah lagi ia menempuh langkah pragmatisme dengan (Tanpa Sadar) mengaggap tuhan sebagai pihak yang mudah dimanfaatkan, bahkan “diperas” untuk kepentingan tertentu, tetapi diabaikan dalam urusan lain. Manakala kita butuh, kita meminta kepada tuhan sementara banyak rezeki melimpah kita lupa kepada-Nya. Mestinya doa memiliki semangat yang lebih baik. Doa juga bukanlah tempat orang-orang lemah yang karena kemalasan dan kemiskinan tanggungjawab sosialnya lantas menjauhi tanggungjawab berfikir (ijtihad) kerja keras dan melakukan tindakan-tindakan muamalah sebagai tanggungjawab seorang muslim.

Sejarah Islam sebenarnya tidak mengajarkan praktik doa semata sebagai tempat meminta, melainkan juga tempat mengambil spirit atau energi dari apa pun guna memperkuat semangat kerja kemanusiaan. Dengan doa, semestinya tanggungjawab hidup terhadap keluarga, sahabat, fakir-miskin, dan tanggungjawab sosial kemanusiaan lain semakin kuat. dan spirit inilah yang saya lihat dari penulis buku ini.

Gus Yusuf, demikian pula nama panggilan popular yang melekat pada K.H. Muhammad Yusuf Chudlori. Saya bisa memanggilnya Pak Usup bukan mas atau gus karena dari silsilah, beliau termasuk yang dituakan.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: