Moralitas Islam Dalam Ekonomi Dan Bisnis

Judul: Moralitas Islam Dalam Ekonomi dan Bisnis
Penulis: Dr. Yan Orgianus
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 236 Halaman
Harga: Rp 43.000,-

Buku yang ditulis oleh Dr. Yan Orgianus ini diharapkan dapat memberi inspirasi kepada mereka dalam berwawasan, menulis dan mengemukakan pendapat barunya dalam dunia bisnis, keekonomian dan keindustrian.

Ilmu bermula dari klasifikasi. Ilmuan sejati adalah orang yang senantiasa berfikir klasifikatoris. Dr. Yan Orgianus telah melakukan klasifikasi percikan nilai-nilai Islam dari segi-segi sumber daya manusia (baik dari segi daya kemampuan maupun dari segi nilai-nilai yang harus menyertainya), rezeki dan pemanfaatannya, etika dan tata kelola berbisnis, serta ekonomi Islam dan humanism bawaannya. Pengangkatan substansi masing-masing klasifikasi tentulah belum sepenuhnya exchaustive (toh tidak ada karya yang sepenuhnya demikian), ibarat laut sebagai tintanya sampai habis terkuras pun tidak akan tuntas untuk mengangkat percikan-percikan nilai islam. Namun percikan-percikan yang ia angkat cukuplah padat sebagai paduan inspiratif bagi mereka yang ingin menindaklanjutinya menjadi karya-karya amaliah dan amal-amal ilmiah.

Melalui contoh konkret saya ingin mengajak pembaca untuk memahami percikan percikan nilai-nilai Islami sebagaimana sejak lama saya tulis didalam buku buku saya, maupun sebagai-bahan bahan kuliah saya pada program-program S3 Ekonomi Islam di berbagai universitas, sebagai berikut:

Sebagai contoh akan saya mulai dari Qs al-Hasyr ayat 7 yang Dr. Yan Orgianus juga mengangkatnya dalam buku ini saya kutipkan: …Supaya harta itu jangan beredar diantara kamu yang kaya saja… Tentulah bukan sekedar suatu kebetulan atau sekadar demi suatu kelengkapan apabila Qs al-Hasyr ayat 7 ini ia angkat di sini pastilah ia memilihnya secara doelpunting, dengan tujuan tertentu. Bila Dr. Yan Orgianus mengemukakan sebagai “percikan” nilai-nilai Islam, Saya akan mencoba mengangkatnya secara lebih substantif dan sekaligus memosisikannya sebagai suatu sumber kebijakan public yang sangat mendasar, yang diperlukan untuk menjamin kemaslahatan seluruh bangsa Indonesia.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: