Jurnalistik Online

Judul: Jurnalistik Online
Penulis: Asep Syamsul M. Romli
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 128 Halaman
Harga: Rp 27.000,-

Sebuah masyarakat modern sangat identik dengan kegiatan jurnalisme. Terlebih pada zaman modern fase teknolog-informasi, atau yang lazim kita sebut sebagai cyber, jurnalisme memainkan peranan yang penting.

Disinilah kemudian istilah Jurnalisme Cyber, atau dalam istilah buku ini, “Jurnalistik Online” harus diketahui secara baik, menyeluruh dan tentu saja praktis sebagai panduan kerja para jurnalis.

Karya Asep Syamsul M. Romli merupakan bagian terpenting untuk melayani kebutuhan para jurnalistik cyber.
Jurnalistik Online memiliki karakteristik tersendiri, sehingga pada bagian pertama perlu diperjelas tentang hakikatnya. Selain karakteristik tersebut kita juga mengenal istilah kegiatan jurnalisme kewargaan yang sangat lekat dengan kegiatan hobi  para penulis independen tetapi memiliki minat yang tinggi untuk mewartakan situasi atau kejadian. Istilah “Citizen jurnalisme” kemudian menjadi bagian penting yang harus diketahui kita semua. Pada bagian kedua kita akan mendapatkan penjelasan tersebut secara mendasar.

Karena kegiatan jurnalisme tak bisa lepas dari etika, maka pada bagian ketiga, buku ini secara khusus membicarakan kode-etiknya secara detail. Dengan menyimak bagian ini, kita akan memahami bahwa jurnalistik personal, atau “Citizen Jurnalisme” itu bukan berarti
lepas etika dan tanggung jawab.

Pada bagian kelima dan keenam, penulis kemudian menjelaskan beragam karakter tulisan, terknik penulisan, dan juga gaya penulisan yang perlu dipahami oleh kita semua. Lalu pada bagian tujuh dan delapan kita akan diperkenalkan teknik-teknik untuk publikasi pewartaan dengan memakai perangkat teknologi internet yang lazim digunakan untuk publikasi. Tips dan trik Blogging, SEO, dan tak ketinggalan pada bagian delapan disajikan ulasan strategi pengelolaan menjadi jurnalis di era cyber.

Selanjutnya pada bagian sepuluh kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang TV-Online yang sekarang menjadi bagian dari jurnalisme online karena peranan visualnya sangat menarik manakala dikombinasikan dengan kegiatan tulis-menulis.

Sebuah buku dasar yang pantas dibaca oleh pemula, mahasiswa komunikasi atau mahasiswa falkultas lain dan bisa dijadikanpedoman kerja oleh para jurnalis independen pengelola blog-personal maupun blog komunitas. W

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: