Kekerasan Terhadap Anak

Judul: Kekerasan Terhadap Anak
Penulis: Abu Huraerah, M. Si
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 208 Halaman
Harga: Rp 41.000,-

Kekerasan terhadap anak
Setiap kali memperingati Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli, barangkali bayangan kita selalu tertuju kepada keceriaan anak Indonesia yang tengah bebas bermain di alam terbuka, seperti bermain sepak bola atau mereka yang naik kelas/ lulus ujian mendapat hadiah liburan ke obyek wisata yang indah nan menawan. Setidaknya, makan bersama di restoran atau rumah masing-masing, atau mendapat hadiah berupa les piano, les menyani, les menari, dan sebagainya.

Seakan setiap datang 23 Juli, anak-anak Indonesia telah menemukan dunianya yang ceria dan bebas dari tekanan siapapun. Padahal anak-anak yang lain masih bergulat melawan nasib, entah itu bergelantungan di bus kota sambil membawa Koran-majalah atau membawa semir sepatu. Banyak diantara mereka yang bekerja dijalanan sebagai pengamen, pedagang asongan, atau pengelap kaca mobil. Sebagian di antara mereka diperas tenaganya untuk bekerja ditempat yang kotor dan kumuh tanpa perlindungan hukum dan kesehatan, bahkan ada juga yang “bekerja” sebagai pelacur.

Setiap hari kita masih mendengar rintihan anak-anak yang disiksa dan dianiaya hingga ada yang terbunuh, baik yang dilakukan keluarganya maupun masyarakat. Anak-anak yang disekap, diculik, ditelantarkan, diperkosa atau anak-anak yang diperdagangkan. Itulah anak-anak korban kekerasan, yang hingga kini belum mendapatkan pelayanan dan bantuan yang memadai, baik yang dari negara, pemerintah maupun masyarakat. Permasalahan anak di Indonesia belum dapat ditangani secara serius dan kompherensif. Penanggulangan permasalahan anak menjadi termarjinalkan di tengah hiruk-pikuk persoalan politik dan hegemoni dan kekuasaan. Ironisnya disatu sisi permasalahan anak dianggap sesuatu yang penting hingga membutuhkan perhatian dan kepedulian yang sungguh-sungguh, tetapi disisi lain dalam realitasnya permasalahan anak, seperti tindakan kekerasan dan penelantaran masih belum dapat ditangani dengan baik. Masih terjadi kesenjangan antara harapan (das sollen) kenyataan (das Sein) yang dihadapi anak Indonesia.[]

5 responses

  1. maaf untuk pembelian buku ini dimana yach

    1. terimakasih..

      buku ini sudah tersedia di Gramedia,
      anda juga bisa memesan ke email nuansa.market@gmail.com

      1. mau pesan buku 1

      2. terimakasih..

        buku ini sudah tersedia di Gramedia,
        anda juga bisa memesan ke email nuansa.market@gmail.com

    2. Pesan pembelian hubungi Email: nuansa.market@gmail.com/Sms-Tlp: 081638038/Pin BB: 2A960D5A

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: