Air Sehat untuk Ternak Ayam

Air sehat untuk ternak AyamJudul: Air Sehat untuk Ternak Ayam
Penulis: drh. Yonathan rahardjo
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 96 Halaman
Harga: Rp 31.000,-

Selain makanan, Air minum serta air untuk keperluan lain merupakan kebutuhan dasar setiap mahluk hidup. Minuman yang sehat akan sangat menetukan kelangsungan hidup yang baik. Dan air dalam sebuah peternakan ayam telah menjadi topik terpenting para peternak, terutama peternak skala menengah dan besar

bagaimana seharusnya menyediakan air?
Sekalipun nampak sepele, masalah air sudah diketahui sebagai salah satu kunci sukses dan gagalnya pemeliharaan ayam. Seiring dengan kesadaran pentingnya kesehatan air inilah, sekarang para peternak membutuhkan panduan yang tepat dan terpadu dengan mengupayakan kesehatan air.

Beberapa hal terkait dengan masalah air diantaranya ialah kebersihan, pengelolaan secara tepat, penyiapan, penyaringan, penggunaan hingga tatacara pemerian secara baik. cara baik itu tidak selalu mahal, dan untuk sehat ternyata hanya membutuhkan kecerdasan dan kesadaran untuk sehat. Inilah bakal terpenting dan mendasar bagi peternak ayam terkait dengan air sehat untuk ayam.

Namun untuk menjadi murah dan mudah memang harus dengan bekal ilmu yang baik. Buku karya drh. Yonathan inilah yang tepat untuk membekali ilmu pengetahuan kita semua dalam mengupayakan kesehatan ayam.

Jelas, kesehatan ayam terkait dengan air, telah menjadi kebutuhan para peternak. Memahami kebutuhan tersebut, Penerbit nuansa sengaja mendorong sang penulis drh. Yonathan Raharadjo agar berkenan meluangkan waktunya untuk mengabdi kepada masyarakat peternak ayam dengan tulisannya. Kompetensi keilmuan sang penulis sudah tidak diragukan lagi.

Ditambah pengalamannya sebagai jurnalis Majalah Kesehatan Ternak Infovet, menjadikan ilmu akademiknya terasa lebih matang. Antara pengalaman diberbagai peternakan yang pernah ia wawancarai dengan teori akademik yang kemudian diolah sedemikian baik menjadikan buku ini berbobot; tentu berbobot bukan dalam artian berat karena ilmiah kaku dan saklek, melainkan karena mutu ilmunya sangat praktis dan dapat dicerna secara mudah oleh berbagai kalangan, termasuk mudah dipahami oleh lulusan SD sekalipun.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para peternak ayam, mahasiswa peternak dan dosen peternakan, karena bukan saja ilmiah, melainkan juga melibatkan pengetahuan yang didapat sang penulis melalui reportase. Dengan metode penulis yang baik, drh. Yonathan tidak hanya membuat buku baru, melainkan menawarkan gagasan baru untuk perbaikan  masyarakat peternak ayam.

Sang penulis mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai dokter hewan. Dengan semangat idealisme mengharapkan kesuksesan beternak ayam, sang penulis menyajikan masalah air sehat untuk ayam secara mendalam dan mudah dipahami.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: