Birahi Maya

Judul: Birahi maya
Penulis: Ellys Lestari Pembayun
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 332 Halaman
Harga: Rp 55.000,-

Buku ini lahir dengan latar belakang sebuah pertanyaan mendasar: Apa yang terpikir dalam imajinasi kita ketika melihat suatu gambar atau visual yang memperlihatkan sensualitas atau erotisme? barangkali terlintas dalam benak kita adalah tontonan imej menjijikan, vulgar, seronok dan segudang sebutan bahkan cacian lainnya. Tapi kenapa hal itu sedemikian digandrungi, di-download kemudian dipelototi? sementara diseberang sana orang menganggap visual semacam itu adalah sebagai seni atau keindahan (yang justru  menurut Rendra hal itu merupakan air seni) yang sayang bila dilewatkan. Terlebih lagi melihat perempuan bugil sebagai sesuatu yang sangat indah.

Aneh juga kenapa tidak ada pertanyaan kenapa para perempuan tersebut mau berbugil ria? siapa sebenarnya dibalik produk pornografi tersebut? Bagaimana perempuan bisa menjadi eksibisionis di internet? Siapa saja yang melakukannya? Mengapa sampai terjadi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu dijawab dengan tuntas. Karena itu perlu pangamatan melalui pendekatan-pendekatan yang mumpuni untuk meneropong fenomena yang mengiris akal dan perasaan ini.

Menjejaki Literatur
Barangkali suatu pendekatan kritis bisa menjadi alat teropong keberadaan perempuan bugil di internet, karena kerja dan pendekatan kritis (critical approach) menurut bernstein memang mengungkapkan segala realitas yang melingkupi eksistensi manusia dan mendorong manusia menuju peradaban politik.pendekatan inipun sangat concern dan berkepentingan melihat segala ketidakseimbangan, penekanan, penindasan, eksploitasi, diskriminasi dan ketimpangan lainnya dalam kehidupan sosial. Jadi singkatnya pendekatan kritis mengajak kepada siapa pun untuk mau melakukan tindakan kearah emansipasi dan bertanggungjawab terhadap praktik-praktik diskriminasi atau subordinasi dimuka bumi ini secara bersama-sama.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: