Pembuatan Gula Singkong Sederhana

Gula Singkong (depan)Judul: Gula Singkong
Penulis: Dr. Ir. Nur Richana, M.S.
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 64 Halaman
Harga: Rp 26.000,-

Ubikayu atau singkong merupakan tanaman pertanian yang banyak ditanam di Indonesia. Ubikayu dapat diproses menjadi sirup glukosa (atau yang disebut gula singkong) dan fruktosa. Gula singkong ini merupakan bahan pemanis berbentuk cairan, tidak berbau dan tidak berwarna. Selama ini, gula singkong biasa diproduksi oleh industri-industri besar yang telah menggunakan teknologi dan peralatan canggih. Padahal, sebenarnya ada teknologi pembuatan gula singkong yang sederhana dan dapat dilakukan di pedesaan.

Buku ini akan memperkenalkan cara menghasilkan gula singkong yang bermutu dengan teknik yang sederhana sehingga bisa diterapkan dipedesaan. Teknologi yang diterapkan disini adalah: teknik likuifikasi, sakarifikasi, netralisasi dan penyaringan, serta selanjutnya teknik penguapan.

Semoga buku ini menjadi salah satu media transfer teknologi bagi masyarakat yang ingin membuat gula singkong, dan dapat mendasari pemikiran bagi peneliti atau mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang gula dari ubikayu atau singkong.

Pada kesempatan ini penulis mengungkapkan banyak terimakasih kepada teman-teman di Balai Besar Litbang Pascapanen, terutama Wahyudianto, Pia Lestina dan Triono yang telah banyak membantu penulis di laboratorium. Tidak lupa, penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Uang Suryadi di Pekalongan-Lampung. Ucapan terimakasih disampaikan pula kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini. Semoga bermanfaat.[]

2 responses

  1. bisa beli bukunya pak

    1. terimakasih..
      buku ini sudah tersedia di Gramedia,
      anda juga bisa memesan ke email nuansa.market@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: