Mengatasi Stres Ayam

Stres AyamJudul: Mengatasi Stress Ayam
Penulis: Drh Yonathan Rahardjo
Penerbit: Nuansa Cendekia
Tebal: 108 Halaman
Harga: Rp 34.000,-

Stres merupakan salah satu masalah dalam peternakan hewan kecil. Hewan kecil (dengan rentang usia yang pendek) yang mengalami stress bisa mengakibatkan kematian missal. Oleh karena itu harus ada upaya konkret menaggulanginya.  Pemilik peternakan skala kecil hingga besar menyadari masalah ini. Hanya saja kesadaran tersebut terkadang masih sepilah-pilah. Dengan kata lain, belum tentu semua persoalan stress telah dipahami secara lengkap, mendalam beserta penganggulangannya.

Kebutuhan untuk memperoleh ilmu secara maksimal juga sangat disadari. Tetapi sampai saat ini referensi bacaan peternakan ayam-khususnya berkaitan dengan masalah stres-masih minim. Oleh karena itu Redaksi Nuansa Cendekia antusias mengapresiasi kerja keras Drh Yonathan Rahardjo yang berkenaan mempersembahkan buku ini. Sang penulis adalah seorang dokter Hewan.

Sebagai dokter hewan ia memiliki kompetensi ilmu pengetahuan –disertai kemampuannya sebagai jurnalis dan sastrawan- menjadikannya buku ini bukan sekedar sajikan normative ilmiah yang sumpek oleh teori-teori rumit. Buku ini sengaja dihadirkan untuk bacaan popular yang tetap memperhatikan kaidah ilmu dan inovasi pengetahuan yang terus berkembang.

Dengan bahasa yang popular, buku ini tidak hanya layak dibaca oleh para akademisi, praktisi dokter hewan, maupun orang-orang yang memiliki latar belakang tinggi. Sang penulis sadar bahwa para peternak di desa-desa atau penjaga kandang rata-rata hanya berpendidikan SD, SMP dan sebagian lagi SMA.

Dengan memperhatikan kenyataan itulah buku ini kemudian ditulis lebih membumi, bahkan dibagian belakang buku ini juga disertakan glosarium untuk memberikan pengetahuan pada istilah-istilah asing atau sulit artinya.

Mempertimbangkan mutu ilmu pengetahuan dan penyampaian yang baik untuk semua golongan pembaca, maka buku ini mesti dimiliki oleh banyak pihak, seperti; peternak ayam, pemelihara ayam skala rumahan, dikter hewan, mahasiswa fakultas kedokteran hewan, termasuk investor peternakan.

Melalui buku ini, masalah stres ayam dibicarakan secara luas, meliputi stres ringan, stres berat, stres panas, stres dingin. Selain memetakan masalah-masalah tersebut Yonathan dengan semangat membagi ilmu menawarkan solusi medis dan solusi praktis.

Kombinasi ilmu dari dunia kedokteran hewan dengan pengetahuan lapangan (hasil reportasenya selama menjadi wartawan) menjadikan buku ini sangat mencerakan.[]

penerbit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: