Budidaya Kesemek

KESEMEK - OKJudul: Kesemek: Teknik Budidaya dan Pengolahan pascapanen
Penulis: Neni Suhaeni
Penerbit: Nuansa Cendekia, 2013
Tebal: 80 Halaman
Harga: Rp 34.000,-

Kesemek merupakan nama untuk buah dari tanaman yang masuk kategori golongan perkebunan. Tanaman ini memang tidak sepopular tanaman lain, tetapi bukan berarti asing di masyarakat. Harus diakui, petani di Indonesia memang masih langka bercocok tanaman kesemek.

Kurangnya minat petani bertahan menanam buah ini karena satu sebab masalah harga. Ketika pasar terlalu banyak buah kesemek, biasanya harganya anjlog karena tidak semua orang minat mengonsumsinya secara langsung. Namun jika kesemek diolah sebagai bahan menu makanan, kebutuhan konsumsi tentu lain. Hal inilah yang terjadi di beberapa maju seperti Amerika, Jepang, Yunani, di mana para petani telah mahir mengelola kesemek sebagai bahan baku produk olahan makanan.

Buku ini mengajak kita semua untuk memahami kesemek secara mendalam, baik pada aspek budidaya, pengolahan pasca panen, termasuk pemasaran.

Kesemek bermanfaat bukan hanya karena rasanya, melainkan juga karena kandungan di dalamnya sangat potensial menghasilkan gizi untuk manusia, bahkan bisa berguna bagi pengobatan. Kandungan zat kimia yang ada di dalam buah kesemek misalnya, terdapat senyawa antioksidan yang bisa mencegah kanker, menyehatkan paru-paru, menguatkan limpa dan lain sebagainya.

Banyak pemanfaatan kesemek untuk makanan olahan sehingga kita bisa menjadikannya sebagai basis industri. Bisa dimulai dari industri rumah tangga kecil, bisa pula untuk bisnis skala besar.

Dengan membaca buku ini, diharapkan kita bisa bergerak untuk melakukan inovasi memanfaatkan kesemek di era modern. Di dalam buku ini dijelaskan beberapa tips untuk memahami manfaat serta usaha untuk memanfaatkan buah kesemek sebagai makanan olahan yang bermutu tinggi. Dengan metode praktis dan ringkas, kita semua akan terbantu untuk bergerak mengolah hasil panen serta bagaimana memanfaatkan peluang bisnisnya.[]

 Layanan Pesan: nuansa.market@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: