Dongeng-dongeng Unik Dunia Kimia

Kambing Cerdas OKJudul: Kambing yang Cerdas: Dongeng-Dongeng Unik-Menarik Dunia kimia
Penulis: Drs. Hiskia Achmad
Penerbit: Nuansa Cendekia, Pebruari 2012
Tebal: 158 Halaman
Harga: Rp 35.000,-

Kimia merupakan salahsatu bidang studi yang sulit. Karena itu upaya terpenting dalam mengatasi kesulitan dengan mempermudah metode atau caranya. Jika upaya ini berjalan baik, pemahaman kita tentang kimia, terutama dalam konteks sainstifik akan semakin mudah. Inilah yang dibuktikan oleh Pakar Kimia kenamaan dari Institut Teknologi Bandung, Hiskia Achmad.

Setelah menggulirkan buku Demonstrasi Sains Kimia (edisi I dan II, dua buku yang berbicara kimia melalui demontrasi/praktik aplikatif), “Kambing Cerdas” ini berbicara lebih menarik lagi. Di dalamnya memuat kisah-kisah proses pengetahuan kimia dengan cara yang enak dibaca, mudah dicerna dan kaya akan wawasan. Metode mendongeng sengaja dipakai karena menurut penulisnya, dongeng merupakan strategi yang paling pas untuk menjelaskan sesuatu yang sulit menjadi mudah.

Sekalipun dengan cara mendongeng, buku ini tetap memegang teguh keilmuwan. Ini dibuktikan melalui konsistensi pembicaraannya melalui tiga prinsipnya, yaitu “sikap, proses, dan produk”. Kelemahan transfer pengetahuan dalam ilmu kimia di Indonesia menurut Hiskia terletak pada penyajian “produk” sementara kita ketahui di dalam sains terdapat suatu hukum dasar yang harus dijelaskan melalui serangkaian prosedur (sikap yang pasti), dan prosesinya.

Melalui buku ini, kimia yang sulit menjadi mudah, bahkan memperkaya khasanah pengetahuan kita karena di dalamnya memuat banyak proses-proses menarik penemuan kimia, termasuk mengetahui latar-belakang para perintis kimia. Sebuah buku pegangan bagi guru dan siswa untuk memahami kimia.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: