Hukum & Pemikiran Modern

Hukum & Pemikiran Modern copy

Judul: Hukum dan Pemikiran Modern
Penulis: Jerome Frank
Harga: Rp 86.000
Penerbit:Nuansa Cendekia
Mengapa praktik hukum modern tidak selalu mampu menyelesaikan masalah?
“Law and Modern Mind,” merupakan buku terkenal berisi studi kritis filsafat hukum. Membongkar mitos dan kekeliruan pola pikir hukum moden, serta memberikan jalan keluar. Banyak praktisi, termasuk intelektual bidang hukum memahami “ketidakpastian
dalam realitas hukum berakar dari ketidakpastian aturan.” Akibatnya timbul kesimpulan, “ketidakpastian hukum selalu identik dengan ketidakpastian aturan.” Melalui cara pandang baru, Jerome Frank, seorang pemikir hukum modern yang dikenal brilian itu membuka kesalahan berpikir seperti itu. Intisari dari buku ini adalah membuka problematika hukum modern dan menawarkan cara pandang baru. Basis risetnya, literatur utama hukum klasik dan modern, kajian realisme hukum dan prinsip-prinsip psikologi praktik hukum. Bagian pertama membuka persoalan hukum terkait dengan mitos dalam dunia hukum. Di dalamnya memuat realisme hukum, praktik pengacara, kebijakan hakim, yudisial, dan lain-lain. Bagian kedua menekankan pembahasan kepastian hukum dengan kritik tetap pada mitos-mitos pemikiran hukum. Terdapat banyak kajian filosofis dan cara paradigma hukum yang sangat penting dikaji.
Pada bagian ketiga, dilanjut lampiran yang panjang, Frank memberikan solusi, dalam menjawab bagaimana seharusnya hukum modern diterapkan di masyarakat. Cocok untuk mahasiswa, pengajar dan pengamat hukum, juga sangat pas untuk pengacara. Jerome Frank(1889-1957). Filsuf hukum, hakim, pengacara dan penulis. Lahir di New York, mendapat gelar sarjana dari  University of Chicago Law School. Namanya melejit sebagai intelektual hukum karena memainkan peran utama dalam gerakan realisme hukum. Karya lain yang terkenal adalah His Other Major Work, Courts on Trial (1949).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: