Pendidikan dan Generasi yang Berkarakter

Bagi generasi muda, pendidikan menjadi kata kunci yang utama untuk mewujudkan diri.  Genegasi muda yang diharapkan sebagai penerus bangsa untuk menyongsong masa depan harus benar-benar menjadikan pendidikan sebagai penopang karakter diri.

Selain itu pula, kepribadian warga negara merupakan satu persoalan yang harus diperhatikan oleh dunia pendidikan.

Pendidikan dan generasi muda tidak bisa dipisahkan. Pertama, karena sebagai penopang masa depan sebuah bangsa, generasi muda dihadapkan pada persoalan yang harus melandasi sikap hidupnya dalam masyarakat. Kedua, pendidikan yang mencetak dan menyiapkan generasi muda agar dapat berkarakter.

Oleh karena itu kehadiran bangsa sesunggunya dapat dilihat dari harapan dan tumbuh kembang-nya generasi muda. Apabila generasi muda tak mengindahkan pendidikan, kasus semacam perkosaan, tawuran, dan geng motor akan memperlihatkan sebuah kesuraman bagi sebuah bangsa. Sebab bangsa mau tidak mau harus mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul tetapi yang memiliki karakter dan moral bijak bestari.

Dengan demikian ikhwal pendidikan karakter untuk generasi muda di Indonesia, disinggung dalam buku Karakter Manusia Indonesia; 2013.

Ditulis Prof Dr. Musdah Mulia dan Ira D. Arini. Buku ini merupakan bacaan baik yang perlu disosialisasikan oleh para guru dalam menanamkan pola pikir, etika dan etos siswa-siswa sekolah yang sejalan dengan kebutuhan bangsa.

Para guru menjadi arus utama untuk membangun kesadaran. Ini disinggung “Para pendidik selalu menekankan pentingnya pembangunan kesadaran pendidikan karakter. Karakter yang dimaksudkan adalah kesatuan antara pola piker (logos), nurani (etos) dan sikap (patos)” (hal 19).

Tentu dapat ditilik dari soal pendidikan karakter bahwa tidak hanya menyiapkan generasi yang cerdas secara intelektual saja untuk mengusung pendidikan berkaraker, tapi ia harus memiliki visi untuk mengusung nilai-nilai kemanusiaan yang berlandaskan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dari Pancasila semua landasan harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar nilai-nila yang terkandung pada sebuah ideologi negara ini dapat bersatu dan membentuk karakter generasi muda untuk menjadi manusia yang berkarakter.

Selain diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila itu harus dikenalkan sejak dini. Tak kenal maka tak saying begitu pepatah lama mengatakan. Buku Musdah Mulia ini menyinggung dalam bukunya tersebut agar kenalilah dulu, setelah kenal maka kamu akan menyayangi dan mewujudkan-nya.

Menariknya, lebihnya dibandingkan dengan buku yang lain tentang pendidikan generasi muda, di dalam buku ini disinggung kebijakan pendidikan bagi perempuan.

Tajudin, Peminat Buku tinggal di Sumedang

 

Judul  : Karakter Manusia Indonesia: Butir-Butir Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda

Penulis  : Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A. & Ira D. Arini

Penerbit : Nuansa Cendekia

Cetakan I, 2013

Tebal 196 hlm

ISBN: 978-602-7768-43-7Karakter-Manusia-Indonesia

Dimuat di: RimaNews.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: