Mengenal Istilah-istilah dalam Islam

 

Kamus-Pintar-Agama-Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengenal Istilah-istilah dalam Islam

Oleh: M Kamil Akhyari

 

Pepatah tak kenal maka tak sayang, tampaknya tidak hanya berlaku kepada orang yang sedang penjajakan untuk menjalin hubungan asrama. Pepatah tersebut juga berlaku bagi setiap orang yang ingin lebih dalam mengenali seluk beluk Islam yang amat luas.

Orang yang akan mengamati atau mendalami agama Islam, mengetahui arti istilah-istilah yang sering dipakai literatur dan umat Islam adalah sebuah keharusan. Ini bekal awal yang tidak boleh diabaikan, sehingga dalam proses memantau atau mengeksplorasi tak lagi kebingunan memahami istilah-istilah tertentu.

Islam sendiri meliputi banyak hal, mulai dimensi tauhid, syariat, akhlah, politik, sastra, dan peradaban. Dalam menjelaskan hal itu, sering digunakan istilah-istilah khas, yang tidak ditemukan padanannya dalam bahasa Indonesia. Sehingga terasa siang di luar orang yang ahli agama.

Sebagian dari istilah-istilah itu mungkin pembaca sudah familiar dan paham, serta dapat diterjemahkan kata perkata. Misalnya, shalat dapat diterjemahkan dengan sembahyang, dls. Tapi banyak istilah yang baru dapat dimengerti setelah diberi penjelasan panjang-lebar.

Kamus Pintar Agama Islam sangat membantu orang yang masih kesulitan memahami arti istilah-istilah dalam Islam. Buku itu menghimpun istilah dalam bidang tauhid, syariat, akhlah, politik, sastra, dan adab, berdasarkan urutan abjad. Penting dibaca setiap muslim yang banyak belum tahu perbendaharaan kata agama yang dipeluknya.

Penjelasan kata per kata dalam buku terbitan Nuansa Cendekia setebal 296 halaman itu lebih detail dari kamus. Bahkan diselipkan pengetahuan sejarah, status hukum, dan filosofi dari sebuah syariat (hlm. 79-80).

 

*) Pecinta Buku. Pengasuh Taman Baca BAET EL-KAMIL, Sumenep.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: